AD (728x60)

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 Januari 2017

Mengenal Mikrotik

Share & Comment


MikroTik adalah perusahaan Latvia yang didirikan oleh John Trully dan Arnis Riekstins pada tahun 1996 untuk mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel. John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya dengan menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. 

Perangkat keras / hardware yang di buat oleh MikroTik  dapat dilihat di websitenya  routerboard.com sedangakan untuk perangkat lunak / softwarenya  disebut MikroTik RouterOS™ yang merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. 

Berikut ini adalah beberapa produk mikrotik :
Routerboard RB750r2 (hEX lite)
SXT SA5 Wireless untuk luar ruangan
Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari level 3, hingga level 6. Secara singkat, level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wireless client atau serial interface, level 5 untuk wireless AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun. Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (200 pengguna), level 5 (500 pengguna) dan level 6 (tidak terbatas).

Sumber Tulisan dan Gambar :
http://www.mikrotik.com
https://routerboard.com
https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
Tags:

Written by

Mikrotik Academy Trainer, MTCNA, MTCRE dan Guru di SMKTI Bulukumba

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Bergabunglah bersama kami

Copyright © Mikrotik Academy SMKTI Bulukumba | Designed by Templateism.com